3 Kali Beraksi, Pria Ini Berakhir di Polsek Baradatu -->

3 Kali Beraksi, Pria Ini Berakhir di Polsek Baradatu

Sabtu, 28 Maret 2020, 00:16 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
Advertisement

Waykanan, Delinewstv - Pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Baradatu berhasil meringkus seorang pria yang diduga melakukan tindak pidana Curat (pencurian dengan pemberatan) di tiga tempat kejadian perkara (TKP) di Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, Jumat (27/3/2020).

Identitas pelaku diketahui berinisial IW (33) warga Kampung Cugah Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. 

Kapolsek Baradatu Kompol Sarial Efendi  menerangkan, pelaku pertama kali melakukan aksi curat pada Rabu 11 Maret 2020 di Kampung Gedung Pakuon, saat itu sekira pukul 05.00 Wib, Melly (korban-red) terbangun dari tidurnya dan melihat jendela rumah sudah dalam posisi terbuka.

"Ketika Melly hendak akan mengambil  handphone merk oppo tipe A7 warna hijau dan handphone merk vivo tipe 1904 yang di berada di atas meja ruang tengah sudah tidak ada lagi, atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek," ujar Kapolsek.

Kompol Sarial mengatakan bahwa untuk TKP kedua kronologis kejadian pada Jumat 20 Maret 2020 sekira pukul 10.00 Wib. Korban atas nama Gimun (48) warga Kampung Bumi Rejo Baradatu, pada saat itu sedang memetik buah jagung di kebunnya. Kemudian sekira pukul 12.00 Wib, ketika korban hendak pulang dan melihat sepeda motor miliknya merek Honda Kharisma warna hitam nomor polisi BG 5362 PH tahun 2004, yang terparkir tepat di pinggir kebon sudah tidak ada lagi. Tak terima peristiwa yang dialaminya, akhirnya korban melaporkan ke Polsek Baradatu.

Selanjutnya, orang nomor satu di Polsek Baradatu ini mengungkapkan, aksi ketiga IW melakukan pencurian pada Senin 16 Maret 2020 sekira pukul 05.00 Wib di rumah korban yang bernama Parno (47) warga Kampung Bumi Merapi Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.

"Ketika itu Parno sedang menderes getah karet miliknya berada di Kampung Cugah Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. Namun, sekira pukul 08.00 Wib korban hendak pulang dan melihat sepeda motor merek Yamaha Vega ZR warna Biru nomor polisi BE 4772 WC miliknya yang diparkir bekisar 100 meter, ternyata sudah raib. Lalu korban pun melaporkan ke Polsek Baradatu. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian bekisar Rp 14 Juta," ungkap Kapolsek.

Lebih lanjut, dirinya memaparkan kronologi penangkapan pelaku berawal pada Sabtu 21 maret 2020 sekira pukul 15.00 Wib, personil Polsek Baradatu mendapat informasi bahwa pelaku sedang berada di Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.

Petugas yang mendapatkan informasi, masih kata Kompol Sarial, langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penyergapan, dan akhirnya pelaku IW berhasil diamankan tanpa melakukan perlawanan. 

"Setelah dilakukan penggeledahan hasilnya di dapatkan barang bukti berupa empat buah mata kunci leter T, satu buah tang, obeng cengkeh dan satu buah jaring warna kuning gagang kawat," paparnya.

Dari hasil interogasi, tambah Kapolsek, pelaku mengakui perbuatannya. Sedangkan untuk barang hasil curiannya seperti handphone dan kendaraan motor korban sudah dijual di Bukit Kemuning. Sehingga petugas terus melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan barang bukti berupa sepeda motor Honda Karisma di Kecamatan Bukit Kemuning Kabupaten Lampung Utara dan 2 unit handphone yang berada di salah satu counter di daerah tersebut.

"Kini pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mako Polsek Baradatu sedangkan barang bukti sepeda motor merek Yamaha Vega masih dalam pencarian," sebut Kompol Sarial Efendi.

"Atas perbuatannya pelaku disangkakan melanggar pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal tujuh tahun,” pungkasnya.

(Indera)
Advertisement

TerPopuler