Menindaklanjuti Instruksi Kapolri Polres Way Kanan Laksanakan Operasi Aman Nusa -->

Menindaklanjuti Instruksi Kapolri Polres Way Kanan Laksanakan Operasi Aman Nusa

Selasa, 31 Maret 2020, 13:25 WIB
Oleh Adan Pattisahusiwa
Advertisement


Reporter : Indera


Way Kanan, Policeline, Delinewstv -  Menindaklanjuti instruksi Kapolri melalui Kapolres Waykanan AKBP Binsar Manurung, memerintahkan jajarannya untuk melakukan Operasi “Aman Nusa-2″, yaitu operasi penanggulangan bencana penyebaran corona virus desiase 2019 (Covid-19).



Dalam operasi tersebut melibatkan seluruh jajaran Polri hingga tingkat terbawah, khususnya Jajaran Reskrim dan Polsek-polsek di Polres Waykanan.



Lanjut dia, terlibat dalam Satgas 5 yaitu Gakkum, dan sasarannya sendiri sebagai berikut, Gakkum terhadap hoax yang berkaitan dengan Covid-19, Gakkum terhadap oknum masyarakat yang tidak mematuhi perintah social distancing maupun melaksanakan acara atau kegiatan yang melibatkan dan mengumpulkan orang banyak, seperti hajatan dan lain-lain.



Selian itu, Gakkum terhadap penimbunan sembako oleh penjual atau distributor, dan Gakkum terhadap penjual atau oknum yang menimbun alat kesehatan, seperti masker dan hand sanitizer, serta Gakkum terkait hoax Covid-19 untuk koordinasi dengan Kanit Tipiter.

Terkait pencegahan dan Gakkum terhadap keramaian, jika masih ngeyel setelah diingatkan, jangan ragu-ragu untuk ditindak. Kemudian Gakkum penimbun sembako. Sebagai upaya mapping dan pencegahan, para Kanit diminta mengecek ke distributor atau toko-toko yang menjual sembako, khususnya gula dan beras.



“Data harga jual-beli mereka, dan stok opname terakhir dan beli dari mana. Harga jual sembako khusunya gula dan beras segera laporkan ke grup Kanit. Untuk Gakkum terhadap penimbun alat kesehatan, cek ke Apotek-apotek dan toko obat, ketersediaan dan harga jual masker dan hand sanitizer juga dilaporkan ke grup Kanit,” tegasnya.


Sementara itu, berikut hasil kegiatan Kanit Reskrim Polsek Banjit Bripka Salmon Okta dan Kanit Intel Polsek Banjit Aipda Saproni bererta jajarannya, saat melakukan pengecekan harga di toko grosir sembako Aman Jaya Pasar Banjit, pemilik Erdawati dan Ahmad Putra.


Menurut dia, harga beli gula Rp. 800.000 per sac/ 50 Kg = Rp. 16.000 per Kg di jual eceran per Kg Rp. 17.000, stok di gudang 100 sac, gula di dapat dari Bukit Kemuning pemilik Edi Mantong Toko Sinar Baru.



“Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi penimbunan sembako dan permainan harga di pasar yang sangat merugikan masyarakat. Untuk itu kami Satuan Reskrim dan Intel Polsek Banjit melakukan Operasi ‘Aman Nusa 2’, agar terwujud masyarakat Banjit yang kondusif dan tidak ada penimbunan barang dan permainan harga sembako,” ungkapnya. 
Advertisement

TerPopuler