Terkait PNBP Dan Pengamanan, Kabaharkam Polri Tandatangani Kerjasama Dengan BRI -->

Terkait PNBP Dan Pengamanan, Kabaharkam Polri Tandatangani Kerjasama Dengan BRI

Selasa, 10 Maret 2020, 17:05 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
Advertisement

Published : Ridwan 
Editor        : Redaksi

Sidoarjo, POLICELINE -  Disela-sela Rapat kerja teknis (Rakernis) Baharkam Polri TA 2020 di Pusdik Sabhara Sidoarjo Jawa Timur, tidak hanya berisi kegiatan penyelarasan program kerja Baharkam Polri dengan jajaran Baharkam wilayah, namun juga di isi dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Baharkam Polri dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Adapun maksud perjanjian kerja sama ini sebagai pedoman bagi Polri dan Bank BRI, dalam rangka pemberian bantuan pengamanan di lingkungan kerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan mengatur tata cara pelaksanaan PNBP Jasa Pengamanan serta Jasa sistem pengamanan pada Objek Vital Nasional dan objek tertentu.

Sedangkan tujuan perjanjian kerja sama ini guna terwujudnya kerjasama dan sinergisitas dalam rangka pengamanan di lingkungan kerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan mengatur tata cara pelaksanaan PNBP Jasa Pengamanan serta Jasa sistem pengamanan pada Objek Vital Nasional dan objek tertentu.

Di kesempatan tersebut, Kabaharkam Polri Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH langsung menandatangi, sementara itu dari pihak BRI diwakili oleh Direktur Kelembagaan dan BUMN PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Agus Noorsanto.

Komjen Pol Agus Andrianto kepada wartawan mengatakan, bahwa Baharkam Polri memiliki sumber penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sesuai peraturan perundangan berupa:

1. Jasa Pengamanan pada Objek Vital Nasional dan objek tertentu;
2. Jasa sistem pengamanan pada Objek Vital Nasional dan objek tertentu;
3. Jasa Pelatihan Internal Auditor;
4. Jasa Pengawalan Barang dan/atau Uang;
5. Pendidikan dan Pelatihan Satuan Pengaman;
6. Penerbitan Kartu Tanda Anggota (KTA) Satuan Pengaman;
7. Penerbitan Ijazah Satuan Pengaman; dan
8. Penerbitan Surat Ijin Operasional Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

"Semua ini harus dikelola secara transparan dan akuntable," ujar Kabaharkam Polri.

Mantan Dirtipidum Bareskrim Polri ini juga berharap dengan perjanjian kerja sama tersebut, kedepannya penerimaan PNBP Baharkam Polri dapat lebih ditingkatkan lagi.

"Baharkam Polri juga saat ini tancap gas dalam mengamankan objek vital nasional dan objek vital tertentu," ungkap Komjen Pol Agus Andrianto.

"Ya, kalau perusahaan atau objek vital keamanannya terjaga, tentu produktivitasnya meningkat, tak lupa untuk berdayakan masyarakat sekitar objek vital agar angka gangguan bisa ditekan," tandasnya.
Advertisement

TerPopuler