Waspadai Kriminalitas di Tengah Wabah Covid-19 -->

Waspadai Kriminalitas di Tengah Wabah Covid-19

Senin, 06 April 2020, 12:09 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
Advertisement
Ilustrasi

Yogyakarta, POLICELINE - Masyarakat untuk tetap mewaspadai tindak kriminalitas yang berpotensi muncul di tengah wabah virus corona (Covid-19). 

Hal tersebut disampaikan oleh Kriminolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Suprapto, Senin (6/4/2020). 

Menurutnya, wabah Covid-19 tak serta merta membuat pelaku kriminal menjadi ketakutan. Kondisi lingkungan yang sepi, justru bisa dimanfaatkan untuk melancarkan aksi kejahatan para pelaku.

"Selain disebabkan oleh semakin banyaknya tempat-tempat yang sepi dan kurang pengawasan, juga akan memunculkan pelaku-pelaku kejahatan spontan, karena pendapatannya berkurang atau bahkan terhenti, sementara kebutuhan tetap harus dipenuhi," kata Suprapto.

Oleh karena itu, masih kata pengajar di Departemen Sosiologi UGM ini, sejumlah tempat yang berpotensi menjadi sasaran pelaku kejahatan, di antaranya gedung dan fasilitas perkantoran, ruko yang tidak memiliki satpam, rumah makan yang hanya melayani "carry out" (dibawa pulang), ruas jalan yang sepi, dan sarana transportasi yang berpenumpang terbatas serta tempat-tempat lain yang notabene terlepas dari kekuatan kontrol sosial dan teknologi, karena para pegawai, pekerja, dan pengunjung lebih banyak tinggal di rumah.

Suprapto berharap, pengamanan terhadap tempat maupun barang yang terpaksa harus ditinggalkan selama Work From Home atau disebut juga bekerja dari rumah (WFH) harus diperkuat.

"Simpan dan selalu bawa nomor kontak darurat penting di saat mendapatkan marabahaya," pesannya. 

(Rd/Ant)
Advertisement

TerPopuler