Aksi Penyelamatan Pihak Kepolisian Terhadap TKI Diperairan Asahan -->

Aksi Penyelamatan Pihak Kepolisian Terhadap TKI Diperairan Asahan

Jumat, 01 Mei 2020, 22:52 WIB
Oleh Gugun Marpaung
Advertisement

Tj.Balai, Policeline - Aksi penyelamatan Personel Satpolair Polres Tanjung balai bekerja sama dengan Direktorat Polairud Polda Sumut menyelamatkan 13 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang telantar di Hutan Bakau, Perairan Asahan, (1/5/2020). Para TKI ini ditelantarkan kapal yang membawa mereka dari Malaysia.

Kronologi belasan TKI ilegal berawal dari patroli rutin yang dilakukan Satpolari Polres Tanjungbalai dengan Direktorat Polairud Polda Sumut. Saat berpatroli sekitar pukul 10.00 WIB, petugas menemukan sekumpulan orang di hutan bakau di Tanjung Sei Sembilang, Kecamatan Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan.

"Kemudian tim patroli menolong para TKI yang terdiri atas 12 laki-laki dan 1 perempuan. Mereka diduga diterlantarkan oleh kapal yang membawa mereka dari Malaysia ke Indonesia," ujar Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira.


Dengan tanggap tim patroli mengamankan mereka dan dibawa ke Dermaga Sat Polair Polres Tanjung Balai Jalan Asahan Kelurahan Indra Sakti, Kecamatan Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai, dilanjutkan dengan penyemprotan cairan disinfektan, pemeriksaan kesehatan dan barang bawaan.

Selanjutnya Yudha mengatakan, Tim Gugus Tugas COVID-19 menjemput para TKI ilegal yang diamankan di Kantor Sat Polair Tanjung Balai untuk dibawa ke Posko Induk Gugus Tugas COVID-19 Kota Tanjung Balai di Jalan DI Panjaitan Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjung Balai.

"Dari hasi pemeriksaan kesehatan, ke-13 TKI negatif Covid-19 dan akan dipulangkan kepada pemdanya masing-masing atau keluarga," ucapnya.

Selain itu Yudha mengatakan, polisi kemudian memberikan makanan kepada para TKI karena mengaku tidak makan selama 2 hari.

"Puluhan TKI ilegal itu diberi makan, karena selama dua hari dua malam di tengah laut dan tidak makan," ujarnya.

Advertisement

TerPopuler