Kapolsek Bacan Timur Bersama Masyarakat Dan Para Tokoh Desa Babang-Sayoang Laksanakan Deklarasi Damai -->

Kapolsek Bacan Timur Bersama Masyarakat Dan Para Tokoh Desa Babang-Sayoang Laksanakan Deklarasi Damai

Selasa, 12 Mei 2020, 19:29 WIB
Oleh Adan Pattisahusiwa
Advertisement



Reporter : Sadan


Halmahera Selatan, Policeline, Delinewstv - Dua Desa yakni Desa Sayoang dan Babang, Kecamatan Bacan timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut) melaksanakan Deklarasi damai di Aula Polsek Bacan Timur pasca Tauran.


Deklarasi bertempat di Gedung Aula Polsek Bacan Timur di hadiri oleh para Tokoh kedua desa pasca Tauran pada Rabu 6 Mei 2020 lalu di simpang Perempatan jalan PT Babang Raya.


Yang menghadiri kegiatan deklarasi damai tersebut yakni, Kapolsek Bacan Timur, Ipda M. Adnan Nijar SH, Camat Bacan Timur, Drs Faishal Suaib, Kanit Binmas Bripka Tri Astuti, Bhabinkamtibmas Desa Babang Bripka Muh. Arif, Bhabinsa Babang-Sayoang Sertu Rahmat Taufik, Sekdes Babang Lukman Radjulun, Tokoh Adat Desa Sayoang Agus Gulinga, Ketua BPD Desa Sayoang  Risal P. Mustika, Tokoh Masyarakat Desa Babang Baginda Hi. Said, Tokot Agama Desa Babang Hi Hamzah Wali, Tokoh Adat Desa Babang Rakib Ladjima, Tokoh Agama desa sayoang Ibu Pdt Rosita Ayal, Warga masyarakat Desa Sayoang Wiwin Palihema, Kaur Desa Sayoang Joni Matoro, Ketua BPD Desa Babang Salim Ibrahim, Tokoh Pemuda Desa Sayoang Yesaskar Habel, Anggota BPD Desa Sayoang Benja S, Tokoh Masyarakat Desa Sayoang Ridwan A. Ladjima, Ketua Pemuda Desa Sayoang Mickhael Dijadikan,  Ketua Pemuda Desa Babang Safri Wayi, Anggota BPD Desa Sayoang Zulsano I. R.



Kapolsek Bacan Timur, Ipda M. Adnan Nijar SH dalam Sambutannya menyampaikan, terima kasih dengan  mengucapkan puji syukur yang dapat berkumpul ditempat ini apa yang bicarakan pada hari ini insa allah dapat bernilai ibadah oleh allah SWT amin.


"Telah kita ketahui secara bersama bahwa telah terjadi selisih paham beberapa waktu lalu sehingga saya diperintahkan oleh Kapolres Halmahera Selatan untk melaksanakan giat Deklarasi Damai, mungkin untuk mewakili presentase dari dua desa ini sudah kita ikuti bersama-sama di Polres, " katanya.







Perintah dari Kapolres Halsel untuk agar semua tokoh dikumpul untuk menyatakan sikap dalam Deklarasi Damai bahwasanya Babang dan Sayoang itu adalah bersudara dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain, menjunjung tinggi perbedaan untuk keharmonisan demi kelangsungan kemasyarakatan di kecamatan bacan timur itu sendiri.



"Saya tentunya disini berharap sebentar nnti  akan ada pengodokan naskah Deklarasi Damai dan saya akan minta pandangan dari para tokoh yang hadir dalam Deklarasi Damai ini untuk kita kajih bersama Norma-norma yang belum terakomodir dalam Naskah Deklarasi, sehingga menjadi acuan atau pegangan untuk kita semua jika terjadi hal serupa dikemudian hari kita berkomitmen dangan apa yang telah kita sepakati pada siang hari ini, " ucapnya.



Kata Adnan, lihat sendiri dimana sebagian saudara muslim sedang melaksanakan hari besarnya yaitu puasa kemudian ada benturan dari dua kelompok masyarakat tentu ini menjadi perhatian setius oleh pihak kepolisian karena momentum ini juga sangat riskan dengan konflik yang lebih besar, maka dituntut dari pimpinan untuk menyelesaikan segera dengan tindakan-tindakan preventif, persuasif tentunya. Kemudian, apa yang sudah di alami kemarin agar bisa rujuk kembali, satukan masyarakat yang mungkin salah paham dan dluruskan. Sudah bentuk team untuk melakukan Penggalangan agar tidak terjadi hal yang serupa dikemudian hari, mungkin dari kejadian-kejadian sebelumnya sampai dengan kejadian kemarin ada hal yang belum diteruskan maka dikesempatan ini luruskan bersama. Ini merupakan komitmen yam0ng nantinya menangkal terjadi tarkam seperti kemarin, dan setelah itu buatkan salinan Naskah Deklarasi Damai ini dalam bentuk Baliho/Banner dan akan disosialisasikan dan akan dipasang di tiga titik diantaranya diperempatan perbatasanan Desa Sayoang - Babang dan dikantor Desa masing-masing. sehingga itu, perlu diketahui bersama oleh para hadirin bahwa pada ini juga akan meresmikan/meloncing Pos Pam Sayoang - Babang atau singkatannya Pos Pam SABANG, dimana  nama tersebut diberikan berdasarkan adopsi / diKutip dari Pos Pam Toboko Mangga Dua (TOMANG). Keputusan menetapkan Paos Pam diperempatan Sayoang - Babang tepatnya didepan Kantor PT. Babang Raya, supaya apabila terjadi pergerakan atau cikal bakal bergerak untuk mencoba menggiring massa untuk melakukan tauran atau tarkam, sudah dapat bendung secepat mungkin dengan melakukan deteksi dini.



Menurut Camat Bacan Timur, Drs Faishal Suaib mengatakan,  dalam rangka Deklarasi Damai antara dua desa yamg terjadi dalam beberapa hari lalu, dirinya sangat merespon kepada Kapolsek Bacan Timur Polres Halmahera Selatan yang telah mengambil langkah ini, mudah-mudahan dapat bernilai ibadah untuk warga dan masyarakat. dirinya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat sampai anak-anak muda yang terlibat, mungkin selaku orang tua bisa berperan penting untuk memberikan pembinaan dari awal sehingga tidak akan terjadi kejadian seperti ini.



" Saya mengikuti kejadian atau masalah ini terjadi sebelum bulan puasa namun dapat diatasi dan pada akhirnya kembali terjadi dalam bulan puasa ini, jadi saya harapkan kepada seluruh warga masyarakat mari kita dapat menahan diri dan dapat menyampaikan kepada anak-anak kita baik dimisjid-mesjid mauoun digereja-gereja sehingga mereka dapat mengetahui akan halini, jangan sampai persoalan ini dapat menjadi lebih besar lagi dan hal itu yg sangat kita takuti, " jelasnya.





Babang - Sayoang ini merupakan saudara semuanya, contohnya Kepala Desa Babang diantara memiliki hubungan keluarga sebagai warga desa Sayoang, namun karena telah emosi sehingga sudah tidak mengetahui lagi bahwa masih memiliki hubungan keluarga.


"Kita sama-sama mengharapakan agar kita selalu mengingatkan dan menyampaikan kepada anak-anak kita sehingga kejadian ini tidak terulang lagi besok dan seterusnya," ujarnya.



Danramil 1509-01 Bacan yang di wakili oleh Bhabinsa Babang-Sayoang, Sertu Rahmad Taufik meminta, marilah kita sama-sama dipertemukan ditempat ini guna melaksanakan kegiatan Deklarasi Damai antara desa Babang dan Desa Sayoang.Permohonan maaf dari Danramil yang tidak sempat hadir dikarenakan masih mengikuti kegiatan lainnya dikodim. kegiatan ini, bermaksud agar kedua desa yang bermasalah ini bisa damai, terutama kepada oknum yang sering melakukan perkelahian Ia berharap kepada orang tua apabila melihat anak-anak berkelahi tolonglah untuk melarai agar tidak berkepanjangan dan sebagai orang tua jangan turut serta di dalamnya, 


" saya berharap lagi apa bila pada saat larut malam, agar orang tua bisa melarang atau menyuruh pulang ke rumah anak-anaknya, hingga tidak ada yang berkeluyuran di jalan, dan jangan sampai ada yang berkumpul dan memicu terjadinya tauran, " paparnya.



Sementara itu, penggodokan naskah isi teks deklarasi damai oleh para perwakilan yanh di tunjuk dan di ikuti seluruh peserta perwakilan dua desa.

Advertisement

TerPopuler