Nasib Sang Pelaku Pungli di Deli Serdang Nekat Ancam Polisi -->

Nasib Sang Pelaku Pungli di Deli Serdang Nekat Ancam Polisi

Kamis, 07 Mei 2020, 16:55 WIB
Oleh Redaksi Net24Jam
Advertisement
Screenshot Instagram

Deli Serdang, PolicelineVideo yang sempat viral di media sosial (Medsos) memperlihatkan seorang polisi dikerumuni beberapa orang yang diduga sebagian besar teman pelaku.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @cetul22, terlihat beberapa orang tersebut memegangi polisi itu sembari membentak.

"Itu tadi kau suruh keluar mobil, itu saksi banyak. Kau macam hebat kali kau," ujar seorang pria berkemeja hitam sambil menunjuk polisi dalam video tersebut.

Tampak juga dalam video beberapa orang lainnya terus mengintimidasi Polisi itu. Tak hanya itu, terdengar pula suara makian yang ditujukan kepada petugas. Lalu, pria berkemeja hitam itu kembali datang dengan memaki-maki Polisi tersebut.

Informasi yang dihimpun, pelaku berinisial J alias AG (40) warga Dusun V Desa Tanjung Morawa B Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang Sumatera Utara (Sumut).

Kronologis Kejadian
Kejadian berawal, ketika Aipda Rinkon Manik mendapatkan perintah dari Wakapolsek Tanjung Morawa untuk melancarkan arus lalu lintas di Jalan Sei Blumei Dusun V Desa Tanjung Morawa B Kecamatan Tanjung Morawa, karena adanya informasi dari masyarakat bahwa AG (pelaku-red) dan kawan-kawan sering melakukan pungutan liar (Pungli) pada sopir truk yang lewat di lokasi kejadian tersebut.

Sesampainya di lokasi kejadian, Aipda Rinkon Manik melihat AG dan kawan-kawan melakukan pungli terhadap sopir truk.

Kemudian, ketika petugas turun dari sepeda motor langsung disambut oleh para pelaku sambil mengucapkan kata-kata yang tidak pantas dikeluarkan.

"Ngapain kemari?" ucap pelaku, lalu jawab pelapor, "Saya mengamankan jalur lalin". Kemudian terlapor mengucapkan, "Bisa rupanya kau mengamankan jalur ini?" lanjut pelaku dan jawab pelapor, "Bisa".

Melihat situasi semakin ramai oleh rekan-rekan pelaku dan petugas didorong-dorong dan bajunya ditarik-tarik oleh pelaku.

"Nanti kau kami masakan disini, kau sendirian disini !!!" ancam pelaku sampai ke salah satu warung di daerah tersebut.

Mengalami kejadian tersebut, Aipda Rinkon Manik membuat laporan ke Mapolsek Tanjung Morawa dengan nomor: Lp/45/A/V/2020/SU/Res DS/ Sek Tanjung Morawa tanggal 6 Mei 2020, tentang pengancaman dan atau perbuatan tidak menyenangkan.

Positif Narkoba
Menindaklanjuti hal tersebut, Polisi melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku

Saat diinterogasi, AG mengaku melakukan pungli bersama teman-temannya untuk membeli narkoba.

Selain itu, saat dilakukan tes urine, pelaku dinyatakan positif narkotika jenis amphetamine (sabu), metamfetamin (inex), dan tetrahidrocanabinol (ganja).

Terancam Dipenjara
Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi menyampaikan, pelaku sudah ditangkap dan pelaku lainnya masih diburu petugas.

"Perbuatan para pelaku sudah sangat meresahkan masyarakat. Akan proses tuntas sampai ke pengadilan dan pelaku disangkakan dengan pasal 335 ayat (1) jo pasal 212 KUHPidana dengan ancaman hukuman satu tahun penjara,” ujarnya.

Kombes Pol Yemi mengatakan akan melakukan tindakan tegas jika para pelaku lainnya tidak segera menyerahkan diri.

"Kita akan lakukan tindakan tegas bila mereka tidak menyerahkan diri, sebab para pelaku sudah meresahkan masyarakat," pungkasnya.

(Rid/Sum)
Advertisement

TerPopuler