Polres Pakpak Bharat Laksanakan Pengaman Tempat Ibadah -->

Polres Pakpak Bharat Laksanakan Pengaman Tempat Ibadah

Minggu, 31 Mei 2020, 17:41 WIB
Oleh M.Bakti Napitupulu
Advertisement


Salak, Policeline - Polres Pakpak Bharat melakukan pengamanan tempat ibadah dengan mengutamakan protokol kesehatan  di tempat ibadah.  Memastikan,  tempat ibadah  mulai dibuka bagi masyarakat umum, namun dengan catatan  rumah ibadah tersebut harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Minggu ( 31/05/20)
Dari hasil evaluasi kasus Covid-19, selama satu bulan terakhir, tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kab Pakpak Bharat.  

“Pada prinsipnya seluruh rumah ibadah  baik itu masjid, gereja, vihara, kita minta berlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat.  Bagi rumah ibadah yang siap dengan protokol tersebut, Insya Allah boleh melakukan ibadah bersama-sama,” Kabag Ops 

Dari hasil kesepakatan dengan, Kantor Kementerian Agama, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pakpak Bharat, khusus untuk aktivasi rumah ibadah  masjid dan gereja,  ada syarat pengawasan ketat dari gugus tugas penanganan Covid-19.  Masyarakat atau DKM masjid  bisa mengajukan permohonan kepada kantor kepala desa. Nanti Pemkab Pakpak Bharat yang akan memutuskan mana saja masjid dan gereja yang  akan diawasi.

Beberapa protokol kesehatan yang wajib dijalankan, yakni menyediakan sarana cuci tangan,  mengukur suhu tubuh jamaah, membawa sajadah masing-masing. Kemudian,  menerapkan jaga jarak dua meter, dianjurkan membaca ayat pendek,  mepersingkat khutbah, menggunakan masker, menganjurkan baca Quran dari gawai, dan yang sakit tidak  diperkenankan beribadah di masjid, dan kapasitas masjid tidak boleh melebihi  kuota.

Tak hanya itu,  dalam protokol kesehatan, dengan masyarakat mengimbau agar anak-anak di bawah 15 tahun dan lansia  agar bisa beribadah di rumah.

“ Selanjutnya akan kita sosialisasikan ke wilayah, sehingga ibadah bisa berjalan dengan betul-betul meminimalkan risiko kontaminasi Covid-19, sehingga kita bisa mempertahankan kurva yang landai ini. Kebijakan ini juga akan kita evaluasi dari hari ke hari. Insya Allah kebijakan ini membawa kemaslahatan bagi semua,” Ujar Kabag Ops.
Advertisement

TerPopuler