Raden Adipati Surya Selaku Ketua Gugus Tugas Way Kanan Siapkan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Pemudik Dan TKI -->

Raden Adipati Surya Selaku Ketua Gugus Tugas Way Kanan Siapkan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Pemudik Dan TKI

Rabu, 13 Mei 2020, 13:57 WIB
Oleh Adan Pattisahusiwa
Advertisement





Reporter : Indera



Waykanan, Delinewstv - Bupati Way Kanan, Provinsi Lampung, Raden Adipati Surya sekaligus Ketua Gugus Tugas siapkan tempat isolasi bagi pemudik dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Way Kanan.



Ketua Satgas Covid 19 Way kanan Raden Adipati Surya kepada media ini Rabu (13/5/2020) mengatakan, mencegah dan mengatisipasi pemudik dan kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Waykanan, dirinya telah menganjurkan di seluruh Desa yang berada di wilayahnya wajib menyediakan tempat isolasi mandiri,



" saat ini kami terus melakukan upaya-upaya yang dianggap penting dalam melakukan pengawasan kesehatan ketika kepulangan masyarakat Way Kanan dari luar kabupaten maupun luar negeri agar dapat mencegah covid 19 dan tidak menyebar ke masyarakat, " katanya.


Lanjut Raden, pihaknya kini telah menyiapkan 81 posko checkpoint di seluruh wilayah Kabupaten Way Kanan yang di selenggarakan oleh gugus tugas mulai dari gugus tugas tingkat kabupaten, kecamatan dan Desa.



"Dengan melaksanakan protokol kesehatan, pengawasan kedatangan orang dilakukan melalui pengamatan suhu tubuh dengan menggunakan alat pemindai suhu massal  thermometer infrared," jelasnya.


Menurut Raden,  melalui pengamatan visual terhadap pelaku perjalanan yang menunjukkan ciri-ciri penderita COVID-19. Seperti pendataan, pemeriksaan kesehatan, melakukan desinfesi serta melakukan karantina madiri.


"Saat ini masing-masing Desa telah dianjurkan untuk menyediakan tempat untuk isolasi mandiri salama masa karantina 14 hari, untuk kepulangan TKI asal Way Kanan, dan  itu sudah di mulai dari Bulan Februari dan Maret jumlah TKI ke Way Kanan berjumlah 8 orang dan disebut pelaku perjalanan, " ungkapnya.




Sementara itu, Kata Raden, "pelaku perjalanan dari negara/wilayah terjangkit covid19 yang tidak bergejala wajib melakukan monitoring mandiri (self monitoring) terhadap kemungkinan munculnya gejala selama 14 hari sejak kepulangan setelah kembali dari Negara atau area yang terjangkit. Maka sebaiknya mengurangi aktivitas yang tidak perlu dan menjaga jarak kontak Minimal 1 meter dengan orang lain, dari 8 orang tersebut sampai saat ini tidak ada keluhan," Tutupnya.
Advertisement

TerPopuler