Masker Pembobol Grosir Rokok di Sibolga Menghantarkannya ke Sel -->

Masker Pembobol Grosir Rokok di Sibolga Menghantarkannya ke Sel

Selasa, 09 Juni 2020, 02:47 WIB
Oleh Bern
Advertisement
RT alias R tersangka pembobol grosir rokok diamankan Polres Sibolga

Sibolga, Policeline -  Pandemi Covid-19 membuat pelaku tindak pidana termasuk maling (pencuri) tak melupakan protokol kesehatan, termasuk penggunaan masker. Tetapi apa jadinya kalau usai beraksi malah keberadaan masker  menjadi pembuka tabir kejahatannya.

Aksi pembobolan sebuah Toko Grosir Rokok di Sibolga milik Buyung (60) warga Jalan Pasar Swadaya No. 80 Kelurahan Pancuran Gerobak Kota Sibolga, hari Sabtu (16/05/2020) terbongkar usai curiga akan keberadaan sebuah masker warna hitam di meja kasirnya.


Kecurigaan Buyung akan keberadaan masker ini bertambah usai melihat 1 (satu) buah obeng dan 1 (satu) buah kaus kaki asing juga ada di meja kasirnya.

Saat membuka laci meja kasir, Buyung terperanjat saat mengetahui uang dagang sebesar Rp. 85 juta sudah raib, demikian juga beberapa slop rokok raib. Total kerugian korban diperkirakan Rp. 85 jutaan.

Curiga , toko miliknya di bobol maling, Buyung melaporkan hal ini ke Polres Sibolga.

Berdasarkan laporan dari Buyung, Kasat Reskrim Polres Sibolga AKP D. Harahap,SH memerintahkan anggota untuk melakukan penyelidikan.

Hasilnya, pada Minggu (31/05/2020) sekira 09:00 WIB, RT alias R (35) warga Jalan Patuan Anggi Kelurahan Pancuran Gerobak berhasil diamankan di salah satu rumah warga yang beralamat di Jalan Dangol Tobing, Kelurahan Aek Tolang Kab. Tapteng.

Usai diamankan, RT alias R kepada petugas mengakui perbuatannya dengan dibantu dua rekannya yang berperan menunggu dirinya saat membobol toko grosir rokok tersebut.

“ Benar RT alias R telah diamankan atas kasus pencurian di toko grosir rokok Kota Sibolga. Dua Rekannya yang membantu tersangka masih dalam proses pencaharian petugas, “ jelas Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhan Sormin, hari Senin (08/06/2020).

Dari catatan Kepolisian, RT alias R sudah dua kali dihukum pidana dalam kasus curanmor.

Uang hasil pencurian dan penjualan rokok telah dipergunakan tersangka untuk berfoya-foya dan bermain judi.

Kepada Petugas, tersangka mengaku kelupaan membawa kembali masker dan kaus kakinya usai beraksi.

Saat ini Tersangka ditahan di RTP Polres Sibolga diduga telah melakukan tindak pidana pencurian pemberatan sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (2) Subs 362 KUHPidana dengan ancaman hukuman 7 tahun.

(Agus Tanjung)
Advertisement

TerPopuler