Kapolres Pakpak Bharat Panen Sayuran Hidroponik Bersama Masyarakat. -->

Kapolres Pakpak Bharat Panen Sayuran Hidroponik Bersama Masyarakat.

Rabu, 09 September 2020, 18:21 WIB
Oleh Amsari
Advertisement

PAKPAK BHARAT, Delinewstv.com -
Berlokasi di kediaman Polres Pakpak Bharat Polda Sumut, Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah Hasibuan, S.I.K., bersama personil Polwan Polres Pakpak Bharat melakukan panen sayuran yang ditanam dengan menggunakan teknik Hidroponik pada Rabu (9/9/2020).

Sayuran jenis Samhong dan Selada yang ditanam dengan media air dan paralon yang dirangkai sedemikian rupa dengan panjang kurang lebih 5 m dan tinggi 1 m tersebut berhasil dipanen dan siap dijadikan bahan makanan oleh masyarakat yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Di sela-sela kegiatan itu Kapolres Pakpak Bharat mengatakan, budidaya menanam dengan teknik hidroponik tersebut dirasa efisien, baik efisien waktu, tempat dan air, katanya.

"Ya, saya mempraktekan cara bercocok tanam dengan menggunakan hidroponik di sini, selain efisien, teknik ini mudah untuk dipraktekan serta merasakan langsung manfaatnya, apalagi dalam masa pandemi ini, salah satu upaya untuk menjaga ketanahan pangan" ucap AKBP Alamsyah.

Lanjut Kapolres bahwa tanaman Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, dengan teknik ini kebutuhan air lebih sedikit daripada budidaya dengan tanah, sehingga teknik ini lebih efisien tempat dan penggunaan air.

Kapolres menjelaskan tanaman hortikultura untuk kebutuhan keluarga tidak wajib punya lahan luas. Tidak punya lahan kosong siasati dengan hidroponik. “Daripada berhari-hari tinggal di rumah karena pandemi Covid-19, lebih baik waktu luang dimanfaatkan untuk menanam hortikultura,” tambahnya sembari menjelaskan bertani secara hidroponik, alatnya bisa digunakan berulang-ulang.

Reporter : Boyke
Advertisement

TerPopuler