Perpustakaan Terapung Wujud Kepedulian Polri Memfasilitasi Sistem Pembelajaran Daring -->

Perpustakaan Terapung Wujud Kepedulian Polri Memfasilitasi Sistem Pembelajaran Daring

Kamis, 10 September 2020, 12:24 WIB
Oleh Bern
Advertisement


Belawan, Policeline.co.id – Jenis Virus baru dari coronavirus atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang dikenal dengan sebutan virus Corona masih menjadi trending topik pemberitaan di media cetak maupun elektronik.

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Sehingga WHO pada tanggal 11 Maret 2020 menetapkan wabah ini sebagai pandemi global.

Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan mulai menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Kebijakan pemerintah ini mulai efektif diberlakukan di beberapa wilayah provinsi di Indonesia pada hari Senin, 16 Maret 2020 yang juga diikuti oleh wilayah-wilayah provinsi lainnya.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet.

Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Sebagai wujud kepedulian Polri dalam mendukung proses pembelajaran daring, Dit Polairud Polda Sumut kegiatan kapal perpustakaan penyediaan hotspot wifi bagi pendidikan anak yang digelar pada Kamis, 10 September 2020 pagi sekira pukul 08:00 WIB di lokasi Dermaga SD Negeri N0 068009 Kampung Nelayan Kel. Belawan I Kec. Medan Belawan, Sumatera Utara.

Dengan menggunakan Kapal Polisi II-2031 (Kapal Perpustakaan) kegiatan tersebut  dipimpin Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Sumut AKBP Imam Sadar Budidono, S.I.K.

“Dalam mendukung program sistem pembelajaran daring yang diterapkan pemerintah akibat damapak pandemi Covid-19 ini, kami mengajak anak-anak sekolah SD Negeri No 068009 Kampung Nelayan untuk membaca dan belajar secara online/during menggunakan hotspot wifi (modem) yang tersedia di Kapal POLISI II-2031 (Kapal Perpustakaan), “ucap AKBP Imam Sadar Budidono, S.I.K., kepada awak media.

Terlihat antusias anak-anak dalam kegiatan kepedulian yang digelar Dit Polairud Polda Sumut memfasilitasi sistem pembelajaran daring. Dan dalam kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan.

Jurnalis  : Marihot N
Editing    : Bern
COPYRIGHT@2020 – DELINEWS NETWORK

Advertisement

TerPopuler