Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan Kunker di PT Harita Nickel -->

Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan Kunker di PT Harita Nickel

Kamis, 29 Oktober 2020, 14:25 WIB
Oleh Adan Pattisahusiwa
Advertisement










Labuha,policeline - Komandan Korem 152/Babullah Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) terkait Objek Vital Nasional (Obvitnas) dan meninjau Pengamanan Perusahan Pertambangan dan Pengelolaan PT Harita Nickel pada Rabu (28/10/2020).



Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan dalam sambutannya di depan aparat keamanan menyampaikan  Obvetnas perlu di jaga dari berbagai ancaman.




"Harita Nickel adalah obvitnas. Sudah menjadi tugas kita untuk mengamankan objek ini bersama-sama. TNI selalu bersinergi dengan Polri dalam mewujudkan stabilitas obvitnas agar terus memberikan andil bagi pembangunan, khususnya daerah Halmahera Selatan," ungkapnya. 





Lanjut Jendral Bintang Satu, juga memberi arahan kepada prajuritnya yang tergabung dalam Satgas Pamobvit di Harita Nickel. pesannya, saat ini tugas pengamanan harus dilakukan secara ekstra karena munculnya pandemi Covid-19. 







"Aman atau tidaknya perusahaan ini, tergantung kita semua. Namun kita perlu lebih dulu menjaga diri, dan menjalankan tugas sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Saya harap kita bisa melaksanakan tugas dengan baik dan penuh semangat," tegasnya.





Diketahui, Selepas upacara pembukaan, Danrem meninjau pabrik peleburan nikel (smelter) yang telah beroperasi sejak tahun 2016, serta melihat pembangunan pabrik pemurnian nikel (refinery) yang saat ini masih dalam proses konstruksi. Ia mendapat penjelasan dari perwakilan manajemen Harita Nickel tentang proses produksi yang senantiasa menjunjung unsur keselamatan dan kesehatan kerja (K3), serta keamanan lingkungan. 








Terpisah, Direktur Utama Trimegah Bangun Persada, Donald J Hermanus yang mewakili Manajemen Harita Nickel secara keseluruhan mengatakan, sinergi antara berbagai pihak sangat diperlukan untuk menjaga agar perusahaan dapat berjalan dengan baik dan dapat memberi kontribusi optimal. Menurutnya hingga saat ini TNI dan Polri sangat mendukung terhadap keberlangsungan Harita Nickel. 







“Kami sangat mengapresiasi kehadiran TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban obvitnas ini. Dukungan itu telah memberi rasa aman dan nyaman bagi kami untuk terus berkarya dan berkontribusi sebaik mungkin bagi bangsa dan negara, khususnya lagi bagi Maluku Utara,” ujar Donald.







Sementara itu, keseluruhan kegiatan kunjungan kerja Danrem dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta kunjungan senantiasa menggunakan masker, membawa hand sanitizer, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Harita Nickel dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Halmahera Selatan, khususnya di wilayah operasional perusahaan.






Tentang Harita Nickel, merupakan bagian dari Harita Group yang beroperasi di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Harita Nickel memiliki IUP dan juga pabrik peleburan (smelter) yang terintegrasi di Obi. Komitmen Harita Nickel dalam hilirisasi sumber daya alam ditunjukkan dengan beroperasinya smelter Megah Surya Pertiwi (MSP) sejak 2016 dengan memanfaatkan potensi nikel yang dikelola oleh Trimegah Bangun Persada (TBP) dan Gane Permai Sentosa (GPS) yang semuanya terletak di Pulau Obi. Saat ini, melalui Halmahera Persada Lygend (HPAL), Harita Nickel mengembangkan industri pengolahan dan pemurnian nikel dengan sistem hidrometalurgi yang memanfaatkan nikel kadar rendah. 







Reporter : Sadan
Advertisement

TerPopuler