Patroli Perairan Rutin, Satpolair Polres Tanjung Balai Temukan Kapal Tanpa Dokumen -->

Patroli Perairan Rutin, Satpolair Polres Tanjung Balai Temukan Kapal Tanpa Dokumen

Senin, 19 Oktober 2020, 23:18 WIB
Oleh Bern
Advertisement

 


POLICELINE │Tanjung Balai – Satpolair Polres Tanjung Balai gelar patroli rutin di perairan Tanjung Balai Asahan pada Minggu hingga Senin (18 hingga 19 Oktober 2020). Patroli dilaksanakan dengan menggunakan Kapal Patroli KP. II-1023  diawaki team regu III Bripka Tuharno dan Bripka Agus R.Tanjung.     



 

Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira,SIK.,MH., melalui Kasubbag Humas Iptu Ahmad Dahlan,SH., kepada Delinews Network mengatakan, patroli ini merupakan kegiatan operasi rutin di perairan Tanjung Balai Asahan.

 

“Patroli tersebut merupakan kegiatan rutin guna melakukan pengawasan dan antisipasi terhadap kapal yang mengangkut TKI dan kapal yang diduga membawa barang ilegal atau barang yang dilarang keluar dan masuk melalui perairan Tanjung Balai Asahan, “ucap Iptu Ahmad Dahlan.



 

Lanjut Dahlan, ada dua titik koordinat pada patroli yang digelar Satpolair Polres Tanjung Balai, yakni pada titik N 2° 59' 10.4568", E 99° 51 33.1848" dan N  2° 59' 13.3692", E  99° 51' 16.9164".

 

Dalam patroli tersebut personel Satpolair juga menghimbau pencegahan virus Corona dengan menerapkan protokoler kesehatan.

 

“Sekira pukul 04:00 WIB pada Senin (19/10) dini hari, petugas mengejar satu unit kapal yang datang dari arah laut, dan berhasil menghentikan kapal tersebut di posisi koordinat N  2° 59' 13.3692", E  99° 51' 16.9164. Sebelum melakukan pemeriksaan terhadap kapal, petugas patroli melakukan pemeriksaan suhu tubuh awak kapal dengan menggunakan alat Termo Scan, “papar Ahmad Dahla.

 

Masih kata Kasubbag Humas Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan kepada Delinews Network. Kapal tersebut tanpa nama dan tanpa tanda-tanda selar bermesin dompeng 23 HP yang dinahkodai oleh Niko Anista berpenumpang 4 orang. Saat dilakukan pemeriksaan kapal tersebut tidak dilengkapi dokumen dan bermuatan piber berisi cumi. Dan tidak ditemukannya barang-barang ilegal yang melanggar hukum.

 

“Selanjutnya petugas menyarankan kepada nahkoda kapal agar mengurus dokumen-dokumen kapal ke syahbandar. Usai melakukan pemeriksaan, petugas selanjutnya melakukan himbauan-himbauan pencegahan virus Corona dan penerapan disipline protokoler kesehatan dengan menggunakan public speaking, “pungkas Kasubbag Humas Polres Tanjung Balai, Iptu Ahmad Dahlan Panjaitan,SH.(Ilham)

 

Editing : Bern
Advertisement

TerPopuler