Tiba di Belawan, Dit Polairud Polda Sumut Bersama TNI AL Kawal KRI BIMA SUCI-945 -->

Tiba di Belawan, Dit Polairud Polda Sumut Bersama TNI AL Kawal KRI BIMA SUCI-945

Senin, 26 Oktober 2020, 12:07 WIB
Oleh Bern
Advertisement


POLICELINE │Belawan – Tiba di pelabuhan Belawan posisi dari Bui/lampu 1  sampai dgn Bui/ lampu 11, Personel Direktorat Polairud Polda Sumut bersama TNI AL melakukan pengawalan dan penjemputan KRI Bima Suci-945, Sabtu (24/10/2020).

 

Dalam pengawalan dan penjemputan tersebut, Ditpolairud Polda Sumut menggunakan mengunakan sarana Alut Kapal Polisi KPC kp ll 2032.   

 

Pantauan Policeline di lokasi, selain Ditpolairud Polda Sumut dan TNI AL, turut dalam penjemputan BC, KPLP dan Basarnas.

 

Tampak sejumlah Taruna ALL tingkat III angkatan ke-67 mengikuti parade roll di atas KRI Bima Suci-945 saat tiba di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (24/10/2020).

 

KRI Bima Suci-945 yang merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet aal itu bersandar selama tiga hari di Medan untuk melaksanakan sejumlah kegiatan dalam mendukung latihan praktek (Lattek) Kartika Jala Krida (KJK) 2020.

 

Diketahui, KRI Bima Suci-945 (atau KRI Bima Suci) merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang sudah beroperasi sejak 1953. Melalui peresmian tersebut KRI Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL). Diproduksi oleh Galangan Kapal Freire Shipyard di Vigo, Spanyol yang diluncurkan pada tanggal 18 September 2017 yang memiliki kecepatan 12 knot dengan mesin 15 knot dengan layar dengan muatan awak Kapal 120 Taruna dengan 80 ABK.

 

Dirancang teknis kapal layar tiang tinggi ini memiliki ukuran panjang 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas Bark tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut. "Keistimewaan KRI Bima Suci terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

 

Pantauan Policeline, posisi KRI Bima Suci berada di dermaga ujung baru Pelabuhan Belawan. Warga tampak antusias melihat lebih dekat kapal layar pengganti KRI Dewaruci beserta seluruh personel TNI Angkatan Laut (AL).

 

Mereka diizinkan berkeliling dengan protokol ketat. Seperti wajib mengikuti rapid test, periksa cek suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer , masker dan hanya terbatas di kawasan dek kapal.

 

Kapal kebanggaan Indonesia ini seharusnya berlayar ke berbagai negara. Namun di masa pandemi covid, KRI Bima Suci melakukan Operasi Kartika Jala Krida (KJK) di perairan nusantara.

 

"Saat ini kita kedatangan KRI Bima Ruci yang melaksanakan pelayaran Kartika Jala Krida yakni melatih para taruna tingkat tiga mengaplikasikan ilmu yang didapat selama di kampus soal kemampuan navigasi, termasuk navigasi bintang," ujar Komandan Lantamal I Belawan Brigjen TNI (Mar) I Made Santoso, Minggu (25/10/2020).

 

Menurutnya, Pelabuhan Belawan merupakan kota ke empat dari kunjungan KRI Bima Suci. Sebelumnya berlayar dari Surabaya akhir September lalu dan akan mengelilingi Indonesia hingga kembali ke Surabaya Januari 2021 mendatang.

 

"Seharusnya pelayaran ke luar negeri. Namun karena covid jadi hanya berlayar di dalam negeri," katanya.

 

KRI Bima Suci 945 merupakan kapal layar latih bagi taruna atau kadet pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang telah beroperasi sejak 1953. KRI Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI AL sebagai kapal layar latih akademi.(Bern)

 

Reference :

-       republika.co.id

-       iNews

-       PID Ditpolairud Polda Sumut

Advertisement

TerPopuler