Sembari Sosialisasikan Perda No.6, Suci Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat -->

Sembari Sosialisasikan Perda No.6, Suci Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Rabu, 03 Februari 2021, 12:12 WIB
Oleh Amsari
Advertisement


Medan - Moltoday. Com : Penanganan sampah hingga kini masih menjadi pembicaran hangat bagi warga Kota Medan. Dimana keluhan masyarakat, terkait permasalahan sampah belum ditangani secara maksimal oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan.  

Oleh karena itu, anggota Komisi IV DPRD Kota Medan, Siti Suciati SH, kembali melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosperda) No.6 Tahun 2015, Tentang Pengelolaan Persampahan Kota Medan. Kegiatan ini berlokasi di Batang Kilat Linkungan III Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Minggu (31/1/2021).

Hal ini dikatakan Suci dihadapan 200 orang masyarakat yang diundang, dan Kepala Lingkungan II Arlensyah, Kepala Lingkungan III Alexander Z Mamahit, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan staf sekretariat DPRD Medan.

Dikesempatan ini, Suci kembali meminta seluruh warga Medan Labuhan untuk memiliki kesadaran, agar tidak membuang sampah sembarangan. "Tanpa dukungan dari masyarakat mustahil dirinya dapat bekerja secara maksimal. Demi merubah wajah Kota Medan, terutama di wilayah Kecamatan Medan Labuhan ini," katanya.

Melalui Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah, sambung Politisi Partai Gerindra Kota Medan, terus mengajak masyarakat dan seluruh unsur terkait lainnya bisa bekerja sama menanggulangi permasalan sampah.

Di kesempatan ini, Puja salah seorang warga Lingkungan II meminta, agar di lingkungannya ada bak sampah.
"Kalau bisa pihak Kelurahan Sei Mati dan Kecamatan Medan Labuhan harus menyediakan lokasi pengelolaan sampah, yang bersortir di sekitar tempat tinggal masyarakat," harapnya.  

Menjawab pertanyaan ini, Siti Suciati akan mengimbau Dinas DKP Medan untuk menyediakan bak sampah dan petugas kebersihan yang bekerja secara maksimal. "Intinya selaku perwakilan rakyat, saya terus memantau penanganan sampah kepada masyarakat di Kecamatan Medan Labuhan ini," tegasnya.

Kepala Lingkungan III Alexander kembali menjelaskan, yang menjadi kendala saat ini, terbatasnya jumlah bak sampah, armada dan petugas melati. "Kami juga telah membuat laporannya ke Dinas Kebersihan, tapi hingga kini belum ditanggapi," tukasnya.

Kesimpulannya, Siti Suciati meminta Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan lebih peka mendengar keluhan masyarakat Kota Medan terkait pengolahan sampah. "Masyarakat harus membuat program Bank Sampah, yang dapat menghasilkan nilai ekonomis," pungkasnya.

Disesi akhir, tak lupa Siti memberikan seminar kit secara simbolis, kepada 10 orang perwakilan dari ratusan warga yang hadir. 

(A-1Red) 

Advertisement

TerPopuler