Polda Malut Gelar Operasi Ketupat Kieraha 2021 -->

Polda Malut Gelar Operasi Ketupat Kieraha 2021

Rabu, 05 Mei 2021, 01:49 WIB
Oleh Adan Pattisahusiwa
Advertisement








Malut,policeline - Kepolisian Negara Republik Indonesia secara serentak melaksanakan Operasi Ketupat yang dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M.






Hal tersebut ditandai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat, yang dilaksanakan serentak pada Rabu (5/5), begitu juga dengan Polda Maluku Utara yang melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Apel Polda Maluku Utara dan dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku Utara Irjen Pol. Risyapudin Nursin.





Turut hadir dalam Gelar Pasukan tersebut Perwakilan Gubernur Maluku Utara, Danrem 152/Babullah serta Undangan lainnya dengan Pasukan Apel yang terdiri dari 7 Kompi gabungan Personel Polda Maluku Utara, Polres Tenate, Personel TNI, Satpol PP, Basarnas, Dishub dan BPBD.






Kapolri dalam Amanatnya yang disampaikan Kapolda Maluku Utara mengatakan bahwa, Apel Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi dalam rangka  pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait.



“mengingat masih dalam situasi Pandemi Covid-19, keterlibatan pasukan dalam apel kali ini memang sengaja tidak terlalu besar namun diharapkan sudah mewakili semua unsur yang terlibat dalam operasi sehingga kita dapat menilai kesiapsiagaanya”. Jelas Kapolda membacakan Amanat Kapolri.




Lanjut Kapolda, Ia menjelaskan bahwa operasi  ketupat-2021  akan  dilaksanakan  selama  12 hari,   mulai  tanggal 6  sampai dengan 17 mei 2021 dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.



“Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, akan melibatkan 90.592 Personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan,  Pramuka, Jasa Raharja”. Ujarnya.




Personel tersebut akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata.



Terpisah, Kabidhumas Polda Malut Kombes Pol. Adip Rojikan, menambahkan bahwa untuk Polda Malut dan Polres jajaran siap melaksanakan Operasi Ketupat 2021, dengan sandi Operasi Ketupat Kieraha 2021 Polda Maluku Utara dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.



“Personel Polda Maluku Utara yang dilibatkan dalam Operasi ini sebanyak 191 Personel dan untuk Polres jajaran sebanyak 535 orang dengan jumlah pos terpadu 10 unit, pos Pengamanan 36 unit dan Pos Pelayanan sejumlah 58”. Sambung Kabidhumas.



Diharapkan dengan dilaksanakannya Operasi Ketupat Kieraha 2021 Polda Maluku Utara ini, Situasi Kamtibmas Jelang dan Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dapat berjalan aman dan lancar serta bebas dari Covid-19. “Kepada seluruh masyarakat dihimbau tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik”. Tandasnya.




Reporter : Sadan
Advertisement

TerPopuler