Manager PKS Tinjowan Lindungi Pelaku Pencuri Asset PTPN.4, TOPAN - RI Sumut Minta Direktur PTPN.4 Sucipto Prayitno Bertindak Tegas -->

Manager PKS Tinjowan Lindungi Pelaku Pencuri Asset PTPN.4, TOPAN - RI Sumut Minta Direktur PTPN.4 Sucipto Prayitno Bertindak Tegas

Senin, 05 Juli 2021, 14:07 WIB
Oleh Red . 01
Advertisement

POLICELINE | SIMALUNGUN - SUMUT

Pencurian merupakan tindakan pidana sebagaimana diatur dalam pasal 362 KUHP (Kitab Undang - Undang Hukum Pidana). Tetapi sepertinya tidak bagi seorang manager unit PKS Tinjowan, Sebagaimana yang sebelumnya dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp sang manager yang mengaku "Tau Hukum" malah melindungi pelaku pencurian asset PTPN.4 dari jeratan hukum di Negara ini.

Pencurian asset PTPN.4 di unit PKS Tinjowan ini mendapat perhatian khusus dari LSM TOPAN - RI Sumatera Utara. Simon Nainggolan selaku komandan Investigasi mengatakan, 'Tindakan manager unit PKS Tinjowan melindungi pelaku pencurian asset milik PTPN.4 di PKS Tinjowan sangat tidak wajar, sebab sudah jelas - jelas pelaku tertangkap dengan barang bukti, tetapi manager unit PKS Tinjowan selaku pimpinan di management PKS Tinjowan malah melepaskan pelaku dan melindungi pelaku dari jeratan hukum di negara ini'.

Lebih lanjut Simon menjelaskan, "saya sudah langsung menemui manager unit PKS TInjowan saudara Danil Nafri. Memang beliau menjelaskan bahwa alasan beliau tidak melaporkan pelaku pencurian asset PKS Tinjowan adalah karena kasian,"Istrinya datang kerumah, dan minta tolong agar suaminya Edi Rahayu tidak dilaporkan ke polisi", demikian penjelasan sang manager.

"Dasar hukum di negara ini bukan lah kasian, Jadi kita menilai setelah adanya pertemuan antara istri pelaku dengan manager PKS Tinjowan yang selanjutnya manager PKS Tinjowan tidak melaporkan pelaku pencurian ke pihak berwajib sangat dimungkinkan adanya kesepatan - kesepakatan yang juga terindikasi pelanggaran, sebab sangat kita sayangkan seorang manager melindungi seorang pelaku pencurian".

"Selanjutnya kita telah meminta melalui surat resmi kepada direktur PTPN.4 Sucipto Prayitno agar menindak tegas pelaku pencurian asset PTPN.4 dan tidak melindungi pelaku pencurian apalagi pelaku merupakan karyawan pelaksana di PKS Tinjowan. Alasan manager PKS Tinjowan saudara Dani Nafri karena kasian, bukan merupakan dasar hukum untuk memutus seorang dalam pelanggaran hukum yang diperbuatnya dan tindakan manager PKS Tinjowan melindungi pelaku pencurian perlu di teliti ulang ada apa dan mengapa selaku menager bertindak demikian".

Perbuatan manager PKS Tinjowan melindungi pelaku pencurian Asset PTPN.4 perlu diselidik lebih jauh. Sebab selaku pejabat manager sangat tidak wajar melindungi pelaku pencurian yang jelas jelas melanggar hukum. "Kita juga meminta kepada Direktur PTPN.4 saudara Sucipto Prayitno agar evaluasi kinerja dan tanggung jawab manager PKS Tinjowan demikian juga asset PTPN.4 di unit PKS Tinjowan agar di inventaris ulang agar terdata dengan baik asset PTPN.4 di unit PKS Tinjowan", ungkap Simon mengakhiri.

(RLR)

Advertisement

TerPopuler