Proyek Titi Anti Ternak di Kebun Laras Diduga Pakai Besi Bekas dan Disambung Las -->

Proyek Titi Anti Ternak di Kebun Laras Diduga Pakai Besi Bekas dan Disambung Las

Selasa, 22 Maret 2022, 11:03 WIB
Oleh Red . 01
Advertisement

P
OLICELINE │SIMALUNGUN - SUMUT

Proyek pembuatan titi anti ternak di PTPN IV Kebun Laras terindikasi asal jadi dan mempergunakan besi bekas.

Besi WF (tulangan titi) tampak di sambung dengan cara di las. Hal ini jelas membuktikan bahwa besi WF tidak mempergunakan batangan besi utuh dengan panjang 4 meter tetapi merupakan besi yang disambung dari 2 (dua) bidang besi yang disatukan dengan cara di las.
Lebih parah lagi, besi tulangan titi di sambung dengan cara di las pada bagian tengah titi.

Pantauan awak media pada 3 buah titi anti ternak yang berada pada afdeling 2 dan 3 kebun laras, tampak proyek titi anti ternak di kebun laras dikerjakan asal jadi. Ada yang besi tulangan nya disambung, ada yang fondasinya pecah, ada yang besi WF nya tidak dikaitkan ke fondasi, ada yang besi WF nya lepas dari fondasi, bahkan besi UNP nya tidak lurus alias bengkok.


Hal ini sudah pasti membuat kerugian bagi PTPN IV. Dimana proyek dengan dana investasi ini diduga tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya dan terkait mutu titi sudah dapat dipastikan tidak sesuai standart.

Manager PTPN IV Kebun Laras Suprianto yang dikonfirmasi awak media lewat pesan singkat whatsapp mengatakan bahwa soal titi anti ternak sudah di laporkan ke Kantor Pusat PTPN IV.

Demikian juga dengan SDM Kebun Laras Halawa yang dikonfirmasi mengatakan bahwa proyek pengerjaan titi anti ternak sudah di naikkan berita acara untuk tagihan nya. Soal sudah di bayar atau belum, kantor pusat yang tau bang, terang Halawa.

(SN)
Advertisement

TerPopuler